Welcome to My Website

Kami menyediakan banyak informasi disini semoga semua informasi dapat bermanfaat dan semuanya gratis!! tanpa bayar . . .

Admin :
cyberlow@ymail.com

Terima Pemasangan Iklan dan Banner, Dari Berbagai Situs - Situs Besar .

Hidup Hanya Satu Hari

Diposting oleh cyberlow Selasa, 07 Juli 2009


Hidup hanya satu hari. Itu hal yang sering sekali saya dengarkan dari “Orang-orang Tua” Di sekeliling saya . Memang jika di piker tema ini agak mengganjal , tapi saya akan coba jelaskan secara perinci apa maksud dari pribahasa yang banyak di sampaikan kepada saya .

Saya teringat sebuah cerita masa kecil Alm. Ayah saya dengan seorang sahabat yang sampai saat ini beliau saya anggap sebagai ayah kandung saya sendiri . Beliau adalah seorang yang mempunyai dedikasi yang tinggi , sejak saya di tinggal ayah saya, beliau yang banyak mengajari saya tentang apa makna hidup yang sejati , apa makna hidup yang sesungguhnya dan banyak memotifasi saya agar menjadi seseorang yang tegar hingga akhirnya dapat menggapai cita – cita .

Pada suatu malam , beliau sedang duduk bersamanya saya di keheningan malam di terangi bulan yang menampakkan separuh cahaya nya, di suatu waktu beliau menyampaikan sesuatu kepada saya .

“le . . Koe ngerti opo hakekat uripmu nang ndunyo?”
”Aku mung ngomong ndunyo, urusan akherot iku yo podo pentinge, nanging di engguh besuk awakmu nek wes mlaku dewe cek ra ke jeglong !!”

“Nak . . . Apa kamu tahu kakekat hidupmu di dunia?”.
“Saya Cuma berbicara soal dunia, urusan akherat itu juga sama pentingnya, tapi untuk masa depan kamu bila sudah mandiri nanti”.

Saya pun Cuma mendengarkan dan tidak berani menyelah pembicaraan, dan Beliaupun terus menyampaikan wejangan – wejangan yang ingin di sampaikan kepada saya sebagai pandangan hidup .

Saya tidak akan panjang lebar menjelaskannya , Saya akan langsung menjelaskan inti dari apa yang telah saya dapatkan dari “Wong Tuo” .
Inti dari “Hidup Hanya Sehari” Itu Adalah :

“Urip iku minongko dino . . .”
“Yen isuk tangio iku yen iso mikir”
“Yen isuk gelem miki,r awane banjur iso kerjo”
“Yen awan iso kerjo, sore banjur iso mangan”
“Yen sore wes iso mangan, banjur turune iso pules .”

“Hidup itu bagaikan hari . . .”
“Bangunlah di waktu pagi agar bisa berfikir”
“Kalau pagi mau berfikir, siangnya pasti bisa bekerja”
“Kalau siang bisa kerja, sore pasti bisa makan”
“Kalau sore sudah bisa makan, tidurnya pasti Nyenyak .”
Itulah isi dari makna yang akan saya bicarakan . Apa maksud dari wejangan yang telah di berikan oleh beliau??? . Saya mencoba bertanya tetapi beliau tidak mau langsung menjawab , hanya beliau ingin saya menggunakan kemampuan yang telah di berikan Tuhan agar tidak menyia nyiakannya . 

Saya lalu berfikir , waktu-demi waktu akhirnya saya tahu apa maksud dari kata-kata beliau, saya menyimpulkan :

Kalau hisup itu bagaikan hari , Dikala pagi kita terbangun dan kita mau berfikir untuk hari siang , itu adalah saat muda kita, di mana kita bisa meletakkan diri kita sebagai anak muda untuk dapat berfikir ke depan dan tidak hanya mau berfikir secara Duniawi dan kesenangan belaka, tapi yang di sebutkan di sini adalah bagaimana kita meng angan – angan cita – cita kita di masa mendatang dan terus berjuang .

Kalau pagi kita sudah bisa berfikir, di waktu siang kita pasti bisa bekerja, itu adalah hakekat pemikiran kita di kala muda, dimana kita sudah bisa menyiapkan apa yang kita cita-cita kan di kala muda, dan mau berusaha, maka yang terjadi adalah di masa dewasa kita, kita akan mendapatkan sesuatu yang telah kita cita-citakan karena kerja keras kita di masa muda .

Jikalau siang hari kita sudah bekerja, maka sore hari pasti kita bisa makan, ini adalah masa tua kita nanti, di mana di masa tua kita nanti bisa beristirahat tanpa bersusah – susah kesana kemari mencari nafkah karena cukup bagi kita apa yang telah kita capai di siang hari, karena di masa ini kita akan menjadi orang yang sukses .

Dan jika sore hari kita bisa makan, maka malam hari kita bisa tidur nyenyak, ini adalah gambaran di waktu ajal kita telah di depan mata, dimana banyak sekali orang-orang yang belum menemukan kesuksesan didunia hingga pada akhirnya waktu ajal menanti, ia tidak bisa berangakat dengan tenang . Tetapi tidak untuk orang-orang yang bisa makan di sore hari, ia akan tertidur dengan nyenyak tanpa gangguan apa-apa karena semua yang telah di cita-cita kan “Di Dunia” telah tercpai .

Sekian penjelasan itu, mudah – mudahan bermanfaat bagi seluruh umat manusia di Jagad Raya, Khusunya Indonesia .

Powered by : ipuel
Cyberlow.blogspot.com


0 komentar

Posting Komentar

Komentar

Daftar Blog Saya

Twitter Updater